10 Tips Membeli Mobil Bekas Murah Supaya Tidak Salah Pilih

Mobil Bekas MurahMobil Bekas Murah – Banyak orang kini lebih tertarik membeli mobil bekas karena ingin mendapatkan kendaraan roda empat dengan budget yang terbatas.  Tapi sayangnya, stereotip negatif tidak bisa dihindarkan saat ini.

Banyak yang percaya jika mobil bekas mudah rusak dan biaya yang dihabiskan untuk perawatan akan lebih mahal. Padahal, sebenarnya stereotip ini tidak benar asalkan Anda bisa memilihnya dengan benar.

Jadi, apabila Anda ingin membeli mobil bekas tapi dengan harga yang murah, jangan lupa pertimbangkan lagi kualitas dari mobil yang akan dibeli. Apabila Anda melakukan kesalahan dalam memilih mobil bekas, tentu saja kerugian besar akan menimpa Anda nanti.

Mengapa Harus Membeli Mobil Bekas?

Jika saat ini banyak orang memilih membeli mobil bekas, tentu karena banyak alasan. Alasan pertama karena keterbatasan dana. Selain itu, ada juga yang beralasan karena mobil baru harganya lebih mudah turun apalagi jika ada tipe baru.

Mobil bekas memiliki harga yang cenderung jauh lebih murah. Jadi Anda bisa gunakan sebagian uangnya untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Orang-orang juga terkadang membeli mobil bekas karena harganya lebih murah dan mereka bisa mendapatkan mobil dengan fitur yang jauh lebih banyak.

Dan alasan terakhir adalah karena pembiayaan kredit mobil bekas jauh lebih mudah dilakukan. Hari ini sudah banyak startup yang menyediakan fasilitas untuk orang-orang yang ingin membayar dengan sistem cicilan.

Selain memudahkan pembiayaan, ada banyak mobil yang biasanya dijual. Jadi Anda akan mendapatkan banyak pilihan mobil dengan harga yang terjangkau.

Cara Memilih Mobil Bekas Murah dan Berkualitas

Memilih mobil bekas murah tapi berkualitas memang tidaklah mudah. karena diperlukan kesabaran dan ketelitian untuk melakukannya. Jika Anda ingin memilih mobil bekas yang berkualitas, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan.

  1. Cari mobil yang harganya sesuai dengan budget

    Pertama, Anda harus membeli mobil yang harganya sesuai dengan budget yang Anda miliki terlebih lagi apabila pembayaran dilakukan dengan cara kredit. Tentu alangkah lebih baik jika Anda membeli mobil yang sesuai dengan kemampuan dan gaji Anda.

    Sebab, walaupun mobil yang dibeli adalah mobil bekas, tentu Anda akan tetap mengeluarkan biaya ekstra mulai dari perawatan tambahan, penggantian komponen dan lain-lain. Anda juga harus membeli bahan bakar mobil atau membeli asuransi untuk mobil tersebut.

  2. Buat daftar pilihan mobil bekas yang ingin dibeli

    Sebelum datang ke showroom, sebaiknya Anda sudah membuat daftar pilihan mobil bekas yang ingin dibeli misalnya mobil sedan dengan merk Toyota Camry atau Honda Accord. Jadi apabila Anda sudah tahu mobil seperti apa yang ingin Anda beli, ini akan memudahkan proses pemilihan nanti.

    Usahakan pada saat menentukan pilihan, pertimbangkan kebutuhan Anda. Jadi apabila Anda ingin membeli mobil untuk berangkat ke kantor, Anda tidak perlu mobil yang besar. Cukup mobil sedan kecil dengan bahan bakar yang irit.

    Tapi, apabila Anda ingin membeli mobil untuk pergi bersama keluarga, silahkan cari mobil yang besar dan cukup untuk semua anggota keluarga Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan mobil yang bukan hanya sesuai dengan keinginan Anda, tetapi juga kebutuhan Anda.

  3. Melakukan survei harga

    Saat ingin membeli mobil bekas, maka dibutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena Anda harus rajin mengecek harga dari mobil yang Anda inginkan dari beberapa tempat jual beli mobil bekas. Karena setiap tempat penjualan mobil bekas memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

  4. Mencari tempat jual mobil bekas yang dekat dengan lokasi Anda

    Tidak masalah jika Anda membeli mobil bekas di tempat jual yang dekat dengan lokasi Anda. Karena ini akan memudahkan Anda pada saat melakukan pembelian nanti.

  5. Periksa riwayat service terlebih dahulu

    Jika Anda ingin membeli mobil bekas yang berkualitas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap riwayat servis mobil terlebih dahulu. Karena cara ini akan membantu Anda untuk dapat mengetahui apakah mobil yang dibeli sudah dirawat dengan baik atau tidak.

    Mobil yang dirawat dan diservis secara rutin tentu akan membuat kondisinya jauh lebih baik dan layak untuk dijalankan. Jadi pastikan sebelum membeli mobil bekas, silahkan lihat riwayat service yang dilakukan.

  6. Hubungi penjualnya

    Apabila Anda sudah merasa yakin atau cocok dengan mobil yang jadi incaran Anda, sebaiknya hubungi penjual supaya Anda bisa mendapatkan informasi dari mobil tersebut.

    Biasanya, ada beberapa penjual yang menjual mobilnya dengan menitipkan di dealer. Karena itu, Anda bisa cek alasan mobil tersebut dijual atau dititipkan.

    Bahkan Anda juga bisa langsung melakukan negosiasi dengan penjualnya. Tapi sebaiknya Anda lihat dulu kondisi mobil yang dibeli baru kemudian lakukan penawarannya.

  7. Melakukan test drive

    Jika Anda sudah mendapatkan mobil incaran Anda, mintakan melakukan test drive pada mobil tersebut. karena dengan cara ini Anda bisa tahu kondisi mobil yang sebenarnya.

    Anda harus bisa merasakan dengan baik pada saat mengemudi mobil. Kemudian masuk ke ruang kemudinya. Coba duduki bangku penumpang, kondisi jok dan lain-lain.

    Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari bagian interior maupun eksterior mobil, maka tentu Anda bisa melihat kondisi mobil apakah layak untuk Anda beli atau tidak.

  8. Membawa mekanik langsung

    Pada saat melakukan pengecekan, tidak masalah jika Anda membawa serta mekanik ke tempat membeli mobil bekas tersebut. Karena mekanik tentu akan lebih paham dengan kondisi mobil.

    Jika Anda memiliki kenalan atau kerabat dekat yang paham dengan mesin juga boleh-boleh saja dibawa. Karena merekalah yang akan membantu Anda mendapatkan mobil bekas yang masih layak pakai.

  9. Melakukan negosiasi

    Pada saat membeli mobil bekas di dealer, boleh-boleh saja lakukan penawaran hingga harga yang diberikan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika sudah terjadi kesepakatan soal harga, barulah Anda bisa membelinya.

    Apabila ada yang rusak, Anda bisa meminta dealer menurunkan lagi harganya dengan alasan perbaikan. Karena kerusakan yang ada pada mobil tentu akan diperbaiki terlebih dahulu dan biaya yang dikeluarkan sudah pasti akan lebih besar.

  10. Mengecek semua berkas mobil
    Dan terakhir, sebelum melakukan pembelian mobil bekas di tempat jual mobil, Anda harus melakukan pengecekan semua berkas mobil tersebut seperti STNK, BPKB, faktur pajak, sertifikat dan lain-lain.

Jika Anda membeli mobil bekas di dealer, biasanya Anda juga akan mendapatkan item lain seperti kartu garansi, perlindungan, perangkat anti pencurian dan lain-lain.

Setelah semua cara di atas sudah Anda lakukan, barulah Anda bisa membeli mobil tersebut. Saat ini ada banyak sekali tempat jual mobil bekas dengan harga yang murah. Tapi Anda sebaiknya lebih berhati-hati lagi pada saat memilih karena tidak semua dealer bisa dipercaya begitu saja.

Jika saat ini Anda masih mencari tempat jual mobil bekas murah, Anda bisa hubungi kami di nomor 0859-5947-7545 atau nomor 0896-5331-2998. Anda akan mendapatkan mobil impian yang berkualitas tapi tetap dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *