Tips Mendapatkan Mobil Berkualitas dari Tempat Jual Mobil Bekas

Jual Mobil BekasJual Mobil Bekas – Jika saat ini Anda ingin membeli mobil bekas, maka Anda perlu perhatikan terlebih dahulu kondisi mobil yang akan Anda beli. Karena tidak semua mobil bekas dijual dalam keadaan yang masih layak dipakai. Jadi Anda harus lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli.

Tips Mendapatkan Mobil Bekas Berkualitas

Tidak hanya jeli dalam melihat kondisinya, Anda juga harus bisa memperhatikan hal-hal lain kala membeli mobil bekas. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba pada saat akan membeli mobil bekas.

  1. Memperhatikan tempat pembelian

    Cara pertama untuk Anda yang ingin sekali mendapatkan mobil bekas berkualitas, maka Anda perlu perhatikan tempat membeli mobil tersebut. Saat ini ada banyak sekali penjualan mobil bekas dengan penawaran yang menarik.

    Untuk mendapatkan mobil yang berkualitas sebenarnya lebih baik membeli langsung dari orang yang menjualnya. Meski di showroom banyak pilihan, tapi biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar dibanding membeli mobil secara langsung dari penjualnya

    Tapi tidak masalah apabila Anda tetap ingin membeli mobil di tempat jual mobil bekas. Karena masih banyak penjual mobil bekas yang menawarkan mobil-mobilnya dengan harga murah tapi tetap dalam kondisi yang bagus dan berkualitas.

  2. Melihat catatan servis

    Setelah melihat tempat pembelian mobil bekas, Anda juga bisa lihat-lihat dulu mobil yang dijual di showroom tersebut. Jika ada yang menarik perhatian Anda, Anda bisa lihat catatan servis pada kendaraan yang akan Anda beli.

    Catatan servis ini diperlukan untuk melihat apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan servis mobil atau tidak. Dan Anda juga bisa lihat di bengkel mana pemilik mobil tersebut melakukan servis mobilnya.

    Catatan ini merupakan salah satu hal yang penting karena apabila servis dilakukan secara rutin sudah pasti mobil tersebut dirawat dengan baik. Dan performa dan kondisi mobil tersebut pun akan lebih prima.

    Jika memungkinkan, Anda bisa memilih mobil yang selalu melakukan servis di bengkel yang resmi. Jadi Anda juga bisa memastikan bahwa semua sparepart mobil tersebut masih asli semua.

  3. Waspada dengan harga miring

    Jika ada mobil bekas yang dijual dengan harga yang sangat murah, Anda sebaiknya jangan langsung tergiur untuk membeli. Karena ada banyak mobil bekas yang dijual karena mobil tersebut pernah kecelakaan atau bahkan terkena banjir.

    Selain itu, biasanya penjual memasang harga mobil yang sangat murah hanya untuk memancing orang-orang agar mau datang dan melihat-lihat mobil lain yang ditawarkan di showroomnya.

  4. Periksa dengan baik aksesoris dan interior mobil

    Pada saat Anda ingin membeli mobil bekas, jangan lupa lakukan pemeriksaan secara mendetail hingga ke bagian aksesoris dan interior mobil. Ada banyak komponen interior yang harus Anda cek terlebih dahulu mulai dari AC, audio dan switch lampu.

    Anda harus dapat memastikan jika semua fitur di mobil tersebut sudah bekerja dengan baik. Terutama sabuk pengaman karena ini juga sangat penting pada saat membeli mobil bekas.

    Setelah mengecek semuanya dengan baik, cek juga kondisi jok mobil baik yang bagian depan maupun belakang. Cobalah duduki apakah masih terasa nyaman atau tidak.

    Periksa keadaan dashboardnya, karpet, plafon dan lain-lain. Dan perhatikan apakah interiornya bau apek atau tidak. karena apabila bau apek, ini bisa menjadi salah satu indikasi jika mobil tersebut sebelumnya pernah terkena banjir.

  5. Mengecek badan mobil

    Setelah memeriksa bagian aksesoris dan interior mobil, Anda bisa periksa badan mobil secara menyeluruh. Pastikan jika semua komponen seperti pintu, kaca mobil ataupun kap mesin masih asli atau tidak. Perhatikan juga kondisi catnya, karena biasanya ada cat mobil yang berbeda atau belang dikarenakan proses perbaikan yang kurang rapi.

    Yang terpenting pada saat mengecek body mobil adalah Anda harus tahu struktur utama dari rangka mobil. Pastikan semua rangka masih dalam kondisi yang prima. Tidak ada bekas perbaikan atau tabrakan.

  6. Memastikan kondisi mesin mobil

    Selain melakukan pemeriksaan pada bagian eksterior, Anda juga bisa membuka kap mesin untuk dapat memeriksa kondisi mesinnya. Ini adalah bagian terpenting dari proses pemeriksaan.

    Mobil yang akan dibeli harus mudah distarter dan Anda juga harus pastikan jika suara mesin mobil tidak kasar. Jangan lupa perhatikan juga apakah ada kebocoran di mesin mobil atau tidak.

    Jika Anda tidak ingin melakukan kesalahan pada saat membeli mobil bekas, Anda bisa coba mengendarai mobil tersebut langsung di jalan raya. Coba lakukan test drive pada mobil tersebut.

    Selain itu, Anda juga harus memeriksa performa dari mesin mobil, transmisi, rem dan kaki mobil, Ini semua bisa Anda ketahui kondisinya pada saat mengendarai mobil tersebut

  7. Mengecek kelengkapan dokumen

    Setelah melakukan pemeriksaan pada kondisi mobil dan Anda sudah yakin ingin membeli mobil tersebut, sebelum pembayaran dilakukan, Anda perlu periksa kelengkapan dokumen-dokumen kendaraan seperti STNK, BKPN dan juga fakturnya.

    Apabila mobil yang Anda beli merupakan mobil built-up, Anda bisa tanyakan form A nya kemudian cocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil. Pastikan jika fisik mobil sudah sesuai dengan surat-surat mobil tersebut.

    Anda harus dapat memastikan jika mobil yang akan dibeli memiliki STNK dan BPKB dengan nama asli dari pemiliknya. Karena ini akan menghindarkan Anda dari mobil curian nanti.

  8. Membawa teman yang ahli mesin

    Apabila Anda memiliki teman yang merupakan seorang mekanik atau ahli mesin, Anda bisa membawanya ke tempat jual mobil bekas yang sudah Anda pilih sebelumnya.

    Anda bisa meminta teman Anda untuk membantu mengecek mobil tersebut supaya mengurangi terjadi kerusakan yang mungkin terlewatkan untuk diperiksa.

    Jika Anda tidak memiliki teman atau bahkan kenalan yang dapat membantu Anda, gunakan jasa inspeksi mobil yang menyediakan mekanik yang berpengalaman serta handal dalam memeriksa mobil tersebut.

    Karena dengan mendapatkan bantuan dari orang ahli, tentu Anda akan jauh lebih yakin pada saat membeli mobil tersebut.

  9. Jangan terburu-buru membeli

    Bagi kebanyakan orang, membeli mobil termasuk pengeluaran yang sangat mahal. Karena itu, jika Anda ingin membeli sebuah mobil apalagi jika mobil tersebut dalam keadaan bekas pakai, Anda harus lebih cermat sebelum melakukan pembelian.

Bandingkan semua mobil yang menjadi pilihan Anda. Jangan terburu-buru memilih salah satu. Gunakan beberapa tips di atas sebelum membeli mobil bekas nanti.

Pada saat membeli mobil bekas, salah satu tips yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan tempat jual mobil bekas. Karena banyak sekali penjual mobil bekas yang menjual mobil-mobil dalam kondisi yang sudah tidak layak pakai.

Jadi Anda harus lebih berhati-hati karena kesalahan dalam membeli mobil tentu akan menimbulkan kerugian yang sangat besar. Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika Anda ingin membeli mobil bekas yang berkualitas tapi harganya terjangkau, Anda bisa hubungi kami di nomor 0859-5947-7545 atau nomor 0896-5331-2998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *