Langkah-Langkah Berburu Mobil di Tempat Jual Beli Mobil Bekas

Jual Beli Mobil Bekas Jual Beli Mobil Bekas – Harga dari mobil bekas umumnya berbeda-beda tergantung kondisi dan tahun produksi dari mobil itu sendiri. Mobil bekas jadi pilihan alternatif untuk orang-orang yang ingin memiliki sebuah mobil. Harga mobil bekas memang lebih terjangkau dibandingkan membeli mobil baru dengan model yang sama.

Banyak orang lebih tertarik membeli mobil melalui tempat jual beli mobil bekas lantaran lebih kuat dan performanya juga lebih bandel dibandingkan mobil baru. Tapi saat akan berburu mobil bekas, usahakan cari dealer yang berkualitas atau bisa juga beli dari penjual perorangan.

Harga yang ditawarkan dealer dan penjual perorangan tentu akan jauh berbeda karena dealer menjual mobil dengan tujuan ingin mendapatkan keuntungan. Sedangkan penjual perorangan biasanya menjual mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Penjual perorangan biasanya menjual mobil karena butuh dana tambahan atau bisa juga ingin mengganti mobil lain.

Jika Anda ingin membeli mobil bekas nanti, Anda harus tetap melakukan tawar menawar harga. Karena dengan cara ini, Anda akan mendapatkan mobil bekas dengan harga yang pas di kantong Anda.

Melakukan negosiasi ini juga diperlukan agar bisa mengurangi harga dari kekurangan yang ada di mobil bekas tersebut. Karena banyak mobil bekas yang dijual dengan kondisi tidak sesuai dengan sebenarnya. Dan Anda perlu melakukan estimasi perbaikan yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Biasanya penjual mobil bekas akan mematok harga tinggi untuk mobil yang dijual karena mengikuti harga pasaran dari mobil itu sendiri. Mereka tidak akan melihat aspek yang lain misalnya fisik ataupun mesin mobil tersebut.

Langkah-langkah Berburu Mobil Bekas

Sebelum membeli mobil bekas melalui tempat jual beli mobil bekas, sebaiknya Anda harus tahu langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan agar mobil yang Anda dapatkan adalah mobil yang masih bagus dan berkualitas. Berikut ini langkah-langkah berburu mobil bekas yang bisa Anda coba.

  1. Menentukan pilihan

    Pertama, sebelum membeli mobil bekas Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Apabila mobil yang dibeli akan digunakan untuk pergi ke secara rutin setiap hari, Anda bisa pilih mobil yang ukurannya kecil, nyaman dan irit bahan bakar.

    Tapi jika Anda membeli mobil bekas untuk digunakan pada saat bepergian bersama keluarga, sebaiknya pilih mobil yang ukurannya lebih besar.

    Anda juga harus menentukan fitur apa yang Anda butuhkan dari sebuah mobil impian Anda misalnya AC, fitur safety, airbag dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa menentukan mobil dengan fitur-fitur yang sesuai dengan keinginan Anda.

    Dari harga pasaran nanti Anda bisa ajukan penawaran dengan nilai yang jauh dari harga pasaran. Tapi harus diingat pada saat menawar harga nanti harus tetap logis.Biasanya tawar menawar dilakukan di dealer mobil bekas.

    Jika Anda cocok dengan harga dari mobil pilihan Anda, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi mobil baik fisik maupun mesin mobil tersebut.

    Anda harus pastikan jika kondisi mobil yang akan dibeli masih dalam keadaan yang sehat. Jika terjadi kerusakan, ini bisa jadi poin untuk Anda menawar harganya lagi dengan alasan perbaikan mobil.

  2. Memeriksa kondisi interior dan eksterior mobil

    Kedua, Anda harus bisa melakukan pengecekan dari mobil yang akan dibeli dengan cermat dan detail. Bila perlu, silahkan bawa teman atau kerabat Anda yang mengerti mesin mobil supaya mereka bisa membantu kondisi mobil tersebut.

    Setiap mobil memiliki perlakuan yang berbeda pada saat merawatnya. Jadi perawatan mobil nanti ada yang mahal dan ada juga yang murah.

    Pastikan jika kondisi mesin dan badan mobil masih sehat supaya pada saat membelinya, Anda tidak harus melakukan banyak perbaikan yang akan menambah pengeluaran lagi nanti.

    Pertama, Anda bisa periksa bagian eksterior dari mobil Anda. Periksa dengan sangat teliti kondisi dari cat mobil. Kemudian perhatikan apakah di mobil tersebut ada karat, goresan atau bahkan penyok. Lihat sisi mobil dari ujung ke ujung.

    Apabila ada bagian yang bergelombang biasanya itu karena pernah dilakukan pengecekan ulang. Jadi gelombang tersebut merupakan bekas dempul yang tidak rata.Jika pada mobil yang dibeli ada bagian kasar, bisa juga itu adalah bekas lakban pada saat pengecatan ulang dilakukan.

    Anda juga harus periksa knalpot mobil yang ingin Anda beli. Jika ada oli pada bagian ujung pipa, ini adalah masalah besar. Saat Anda menyalakan mesin dan asap putih keluar, ini juga menjadi pertanda buruk jika mobil tersebut rusak.

    Jika Anda merasa di bagian luar sudah cukup untuk diperiksa, silahkan lanjut pemeriksaan ke bagian interior mobil. Periksa semua panelnya apakah masih utuh dan catnya juga masih cerah atau tidak. Periksa juga joknya apakah terdapat sobekan atau kerusakan lainnya.

    Ketika duduk di kursi pengemudi, Anda harus lihat lampu-lampunya termasuk sensor untuk parkir, kamera, sistem audio, AC dan lain-lain.

  3. Memeriksa kondisi mesin mobil

    Apabila knalpot yang Anda periksa tadi masih bersih, bukan berarti kondisi mesin mobil dalam keadaan baik. Anda tetap harus periksa kondisi mobil baik secara visualnya ataupun suara.

    Di blok mesin bisa dilihat apakah ada noda bekas oli atau tidak. Jika ada, ini menjadi pertanda jika terjadi kebocoran di blok tersebut. Dan artinya, Anda akan memerlukan biaya yang tinggi pada saat memperbaikinya nanti.

    Anda juga harus memeriksa minyak rem dan juga reservoirnya supaya memastikan tidak ada kebocoran pada rem mobil.

    Jika Anda ingin memeriksa lebih dalam lagi, Anda bisa hidupkan mesin mobil hingga 5 menit kemudian dengarkan suaranya. Kemudian ulangi lagi dan buka tutup kap mesin mobil. Pastikan suaranya masih halus tanpa perlu melakukan bleyer gas.

    Jika dalam pengamatan, Anda merasa ada yang janggal, lebih baik Anda tinggalkan saja. Karena biasanya ini feeling agar Anda tidak salah dalam melakukan pembelian.

  4. Melakukan test drive ke jalan

    Banyak dealer atau tempat jual beli mobil bekas yang tidak mau jika mobilnya dilakukan test drive terlebih dahulu. Jadi, apabila mereka tidak percaya jika Anda melakukan test drive, Anda bisa ajak pemilik mobil tersebut untuk berada di mobil ketika Anda mencobanya.

    Kendarai dengan berbagai manuver dan sesekali bisa berkendara dengan kecepatan tinggi. Ini akan membantu Anda untuk mengecek apakah mesin mobil masih dalam kondisi yang prima atau tidak.

    Setelah yakin membeli mobil tersebut, jangan lupa lakukan tawar menawar harga. Karena proses ini juga penting supaya Anda bisa mendapatkan mobil incaran Anda dengan harga yang pas di kantong.

    Pada saat melakukan pembelian mobil, sebaiknya harus lebih berhati-hati lagi. Lakukan pengecekan secara menyeluruh supaya tidak ada penyesalan nanti. Dan pastikan jika tempat membeli mobil bekas yang Anda pilih harus jelas dan terpercaya.

Jika Anda masih bingung dan tengah mencari tempat jual beli mobil bekas, Anda bisa hubungi kami langsung di nomor 0859-5947-7545 atau nomor 0896-5331-2998. Kami menjual mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *